Sunday, June 26, 2016

Misteri Calacah Garpit #1


Jumat, 1 Januari 2016 aku sedang asik melamun di dalam kamar, lalu pikiranku bertanya padaku, “Apakah malam tahun baru seorang jomblo itu menyenangkan? Ngaduruk kembang api jeung babaturan tapi lalaki kabeh, itu jomblo atau homo?” Setelah itu aku malah melamun lebih lama, sampai akhirnya aku memutuskan untuk gogoleran sebentar dan mandi dengan air, biar basah, basah dengan air mata kepedihan.
“Anjir, naha ari aing jomblo wae, pagawean teh mun teu molor, maen winning eleven, lalajo anime, terus kuliah, tailah hidup aku.”
            “Tapi kumahanya mun aing boga kabogoh terus ku aing ajak ulin, ka kebon binatang atau main ke alun-alun bandung yah? Ah kayanya mah hidup aing jadi lebih bervariasi saeutik.”
            Sambil ngomong sorangan jeung sabun dan gayung aku buru-buru menyelamatkan tubuhku dari terjangan air yang jatuh dari shower, lalu aku mencari anduk yang digantelkeun dina paku dan akan segera kembali pergi menuju kamar, main winning eleven.
            “Ubleh, ubleh? Ari sia henteu kuliah?”
            “Kalem ey Mih, can katingali hilalna.”
            “Na ari maneh, samaruk nentukeun hiji romadon!”
            “Woles ey Mih, keudeung deuilah kagok, HARVEST MOON GEUS DIKAPKEUN!”
            “Emang harvest moon bisa dikapkeun kitu hah!?” Teriak mamih dari lantai bawah.
            “Eh lain ketang Mih, ieu ker namatkeun SUDOKU!”
            “heehlah kumaha maneh.”
Tiga puluh menit setelah itu aku langsung otewe ke kampus, mau menunaikan ibadah kuliah yakni menuntut ilmu, namun sesampainya di kampus aku menerima sebuah sambutan tetapi bukanlah sambutan dari cewek-cewek cantik, melainkan sodoran kartu parkir dari tangan beruban milik penjaga kampus.
“Rajin pisan Bleh ka kampus.”
“Ia dong.”
“Ga liburan?”
“Wah ada presentasi soalnya Pak.”
“Wah rugi yah, padahal libur aktivitas perkuliahan mah enaknya jalan-jalan Bleh, Holidei!”
“Holidai! Pak.”
“Tah eta.”
“Pak, kok tumben yah jam segini parkiran masih sepi?”
            “Ya kan emang libur Bleh, hari ini mah.”
            Aku langsung ngahuleng di parkiran setelah mendengar kata-kata mutiara dari penjaga kampus.
            “Dasar ari aing, goblog teh dikukut keneh wae.” Kataku memaki diri sendiri.

# # #

            Di sebuah tempat nongkrong di kampus yang kerap disapa DPR (di bawah pohon rindang), duduklah segerombolan mahasiswa yang telah semua orang ketahui bahwa mereka-mereka adalah spesies langka, homo sapiens singleman, yakni manusia lelaki yang masih tidak memiliki pasangan alias jomblo, lalu aku menghampiri mereka semua karena aku juga bagian dari mereka.
“Heh, sapu tangan megawati!”
            “Eh anjir Bleh, ka mana wae maneh?”
            “Teu kamamana aing mah Din, kamari aing kadieu eweh sasaha ey pek teh libur.”
            “Tolol sia mah Bleh, pan libur kuliah mah.”
            “Da eweh nu mere nyaho Din.”
            “Pan aya ditapelkeun di bor, papan informasi.”
“Heeh apal sorangan meureun aing mah hoream macana ge.”
“Laina hobi maneh teh maca Bleh, pas ditanya hobi ku dosen oge?”
“Eh anjir, jaga imej eta mah atuh, kamari mah emang aing hobi keneh maca Din, ngan kaayeunakeun weh jadi hoream.”
“Kunaon kitu?”
“Teu ah.”
“Tong disumput-sumput, ari boga masalah teh kunaon maneh jadi teu resep maca kitu?”
“Teu ah.”
“Eh nya, disebabkan karena apa dirimu jadi tidak hobi membaca sahabatku?”
“Anjir, so formal pisan maneh.”
“Katakan saja sahabat, aku bisa menjadi telingamu yang mendengar, memahami tetapi tetap diam bahkan bisu. Aku kan menjaga rahasiamu dengan sangat hati-hati seperti tubuh duri yang menjaga mahkota kecantikannya, yakni rambut mawarnya.”
“Anjir edan maneh puitis kitu, heehlah aing deuk nyarita. Dangukeun yeuh, Sahabatku ketahuilah, bahwa ini semua disebabkan oleh gebetanku yang ditikung kacang hejo.”
“Mengapa bisa ditikung sahabatku, apakah kau tidak menyayanginya lagi? Kalau memang tidak, kenapa kau tidak umpan lambung saja kepadaku, padahal telah kau ketahuikan sudah sejak lama aku ini menjomblo.”
“Sesungguhnya aku telah mengetahuimu sahabat, kamu teh teu payu-payu, tapi keadaannya bukan seperti yang kau bayangkan, rumit sekali, bahkan lebih rumit dari kusutnya benang gelasan jeung kenur yang pabeulit urut adu bandring.”
“Sahabatku sekarang jelaskan secara lebih jelas, tajam, dan akurat kepada Jangjang, Kakube, dan aku si Godin nu ganteng tea, ya kepada kita semua semesta raya.”
Kemudian aku gagaro bujur karena kebingungan mau mulai menceritakan darimana, sebab sulit sekali memulai sesuatu, apalagi ini menceritakan masalah pribadi.
“Baiklah sahabatku, aku kan memulai cerita lengkapnya, dengarkan baik-baik. Di sebuah desa tinggalah seorang anak yatim piatu, ia diurus oleh seorang kakek tua yang ternyata kakek itu adalah pemimpin desa tersebut. Anak itu sangat nakal sekali, namun di balik kenakalannya, ia memiliki kesedihan yang mendalam sebab kesepian selalu menyelimuti hidupnya. Yah, hidupnya yang tak pernah merasakan kasih sayang orang tua, dan ia selalu dijauhi oleh banyak orang. Mereka semua membenci anak itu, namun anak itu selalu berusaha menghibur dirinya mencari perhatian banyak orang, dengan membuat sebuah keributan agar orang-orang memperhatikannya, tapi tak pernah ada orang yang peduli sebab ia memang hidup dalam kesepian dan kesendirian itulah teman sejati anak itu. Lalu...”
“Ke, ke, ke, ke, ke, ke! Keheula ey, asa carita Naruto eta mah?”
“Heeh sia mah Bleh, hanas aing geus mareuman roko deuk ngadengekeun carita maneh kalah nyaritakeun Naruto maneh mah.”
“Eh, sia mah Be, moal rugi pedah geus mareuman roko, dijamin dengekeun heula matakna carita aing Be. Maneh oge Din, kalem tuh siga si Jangjang tah cicing, tungguan weh klimaksna engke.”
“Geus apal aing mah Bleh, geus kitu anak eta teh menyadari agar orang-orang menganggapnya  maka anak itu harus diakui keberadaannya oleh semua orang, dan satu-satunya cara agar diakui semua orang adalah menjadi seorang hokage, maka setelah itu si anak akhirnya membulatkan tekadnya, bercita-cita ingin menjadi seorang hokage. Benerkan Bleh, apal aing ge eta mah carita Naruto!”
“Apal geuning eta caritana ka mana arahna Be, berarti ente sahate jeung aing teu siga si Godin ngaleleweh bari nginum kopi, bari nyuruputna teh siga onta deui.”
“Bae atuh Bleh, kopi itu prinsipnya adil dan makmur, memuaskan semua orang!”
“Ah maneh, sosoan bahasana siga menteri wae maneh Din!”
“Gandeng maranehlah, lanjutkeun caritana Bleh, urang hayang apal ari budak eta engke jadi hokage henteu?”
“Naha ari maneh Jang, cageur, pan si Ubleh teh dek nyarita kisah hirupna, naha maneh jadi percaya ieu keur ngadongengkeun Naruto?”
            “Heeh, apal aing ge Din, si Ubleh teh sebenerna mah hayang siga si Naruto, jadi hokage matak bae anteupkeun si Ubleh nyarita heula, maraneh tong garandeng matakna, aing ker serius yeuh ngadangukeun!”
            “Kieu yeuh ngobrol jeung gagantel panto sakola mah tara nyambung, geus ah barudak bubar-bubar, nepika uttaran tamat oge moal selesai ngobrol jeung si Jangjang mah.”
            “Naon ari maneh uttaran mah can tamat, indung aing oge sok lalajo keneh!”
            “Maneh tong bari jojorowokan atuh Jang ngomongna, pedah apal aing teu boga tipi!”
            “Naon ari sia, wani ngalawan ka aing? Aing geus dalapan puluh taun ngajagaan tangkal ieu, kakarak aing dipolototan ku budak leutik, maneh ngalawan ka kolot hah!?”
            “Asli barudak, moal baleg ey, si Jangjang mun geus kieu mah, awurkeun tah calacah roko sugan kaluar tah jurig tangkal teh.”
            “Mun ceuk aing mah Din, Be, urang wewelan weh calacah roko tah ka irungna sugan kaluar tah jurig teh.”
            Setelah kami semua sepakat berunding untuk waktu yang cukup lama, tiga menit, akhirnya calacah roko garpit masuk ke lubang hidung si Jangjang. Tidak disangka-sangka jurig tangkal itu akhirnya keluar pedah teu kuateun bersin wae, dan si Jangjang sadar namun harus segera dibawa ke rumah sakit karena pendarahan akibat bersin terus menerus, namun akhirnya ceritaku harus tertunda dulu, karena kesehatan Jangjang lebih penting dari apapun. Setidaknya jauh lebih penting dari gebetan yang ditikung, untuk sementara waktu ini.


Bersambung dulu.

Cimahi, 17 Juni 2016

Baca juga lanjutannya Misteri Calacah Garpit Episode #2

Bagikan

Jangan lewatkan

Misteri Calacah Garpit #1
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.